Tentang Kami

Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Kabupaten Majalengka dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Majalengka Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Majalengka.

Susunan dan tipelogi Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Kabupaten Majalengka sebagaimana tertuang dalam Pasal (4) Peraturan Bupati Majalengka Nomor 19 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Pokok Dan Fungsi Dinas Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka, bahwa susunan dan tipelogi Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Kabupaten Majalengka dengan Tipe B yaitu menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang pekerjaan umum dan penataan ruang.

Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Kabupaten Majalengka dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berkedudukan dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah dan mempunyai tugas pokok membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan dibidang pekerjaan umum meliputi Bina Marga, Tata Ruang, dan Bangunan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah. Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Kabupaten Majalengka memiliki visi, yaitu

“Terwujudnya Pemenuhan Prasarana Kebinamargaan Keciptakaryaan yang Berkelanjutan Untuk Mendukung Majalengka Makmur 2018”

Makna dari visi tersebut merupakan perwujudan dari tingkat ketersediaan dan pelayanan bidang pekerjaan umum yang penjabarannya meliputi :

  1. Pelayanan jalan yang memenuhi standar pelayanan minimum yang mencakup aspek aksesibilitas (kemudahan pencapaian), mobilitas, kondisi jalan, keselamatan dan kecepatan tempuh rata-rata;
  2. Bangunan gedung yang memenuhi persyaratan keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan;
  3. Penyusunan program dan pelaksanaan pembangunan semua infrastruktur pekerjaan umum dan bangunan yang andal tersebut berbasis penataan ruang;
  4. Kondisi dan kualitas pelayanan tersebut dibarengi dengan cakupan pelayanan infrastruktur pekerjaan umum yang semakin luas, merata dan berkeadilan, sehingga tercipta kehidupan yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan yang mencerminkan keadaan masyarakat yang semakin sejahtera.